Refund Tiket Efek Gagal Trip



Cieee gagal trip cieee.... 
Kesel udah beli tiket kereta, udah siapin jadwal kesana kesini, tapi tiba-tiba harus batal gara-gara cuti ga di acc lah, izin ortu ga dapet atau banyak hal lainnya. Huhuu...

Emang paling kesel sih yahh saat udah nyiapin segalanya buat liburan, tapi tiba-tiba ada hal yang ga bisa dan ga boleh buat pergi. Sad lah pokonya hiks :'(

Nah, baru banget nih kejadian gini saya alami kemarin huaahahaha... Ceritanya sih, akhir bulan ini saya berencana untuk liburan keluar kota. Mau solo trip gitu dehh hehee.. Sekedar me time dan refresh diri biar dapet semangat baru dan semua acara sudah saya susun jauh hari, bahkan tiket kereta api sudah saya amankan alias di booking heheheee (seniat itu saya tuhhh :'D )

Menanti-nanti hari liburan datang, ga sabar rasanya ingin segera berangkat dan menikmati liburan. Bahkan sudah terbayang seseru apa saat liburan nanti. Uhuyy :D
Tapi, tiba-tiba rencana yang dibuat harus dibatalkan karena ada hal lain yang mendesak. Yahhh.. gimana lagi dong. huft :(

Kalau udah begini, biar gak makin sad, maka hal yang harus saya lakukan adalah membatalkan pemesanan tiket kereta api yang sudah sempat dibeli, yah biar dapet uang refund gitu. Setidaknya uangnya bisa disimpan buat pembelian tiket berikutnya. :')
Tapi eh tapi, bukannya proses pembatalan itu ribet, rumit gitu yah? Awalnya saya berpikir seperti itu tapi faktanya, ga serumit & seribet itu kok pas sudah nyobain buat refund tiketnya.
Apa aja sih syarat dan tahapan yang dilakukan? Baiklah, saya bahas disini yah... cekidot ^^

Pembatalan tiket kereta api bisa dilakukan melalui dua cara yaitu secara online di KAI acces atau secara langsung di loket stasiun.

Saya bahas secara online dulu deh yang gampang, yang ga harus jalan jauh buat ke stasiun dan ngantri di loket :D

1.Online
  • Pertama-tama kamu harus download dulu nih aplikasi KAI Access di handphonemu.


Seperti ini bentuk aplikasinya
  • Setelah itu Pilih Menu My Trip, pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan. Tiket yang dibeli melalui channel eksternal, misalnya Traveloka, Tokopedia, gerai Alfamart, Indomaret, Alfamidi, kantor pos, Tiket.com, dan lainnya juga bisa dilakukan pembatalan tiket di KAI Access.
    Syaratnya, satu di antara nomor identitas dalam tiket, sesuai dengan nomor identitas akun KAI Access yang telah terdaftar.
  • Pada menu E-Ticket, klik "Pembatalan". Tombol "Pembatalan" hanya dapat dipilih jika kode booking berstatus LUNAS/PAID dan maksimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.
  • Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket perjalanan kereta.
  • Baca halaman Syarat dan Ketentuan, kemudian centang untuk setuju. Lanjutkan proses pembatalan.
  • Masukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian (refund), kemudian lanjutkan proses pembatalan.
  • Pada halaman ini, pastikan pembatalan tiket perjalanan sesuai dengan yang kamu pilih pada tahap sebelumnya.
  • Klik tombol "Konfirmasi dan Lanjutkan" pada halaman konfirmasi pembatalan. Kemudian, pastikan kamu yakin akan melakukan pembatalan tiket.
  • Setelah melalui proses di atas, proses pembatalan tiket telah berhasil. Yuhuuuu..selesai deh :D
2. Loket
  • Booking ID
  • KTP asli dan fotokopi
  • Dilakukan maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Jika lewat dari ketentuan yahhh hangus.
  • Kemudian, mengisi formulir pembatalan tiket yang berwarna merah yang terdiri dari rangkap 2 seperti gambar dibawah ini.

  • Setelah selesai mengisi formulir pembatalan yang berwarna merah kemudian serahkan formulir tersebut ke petugas, maka formulir tersebut akan divalidasi oleh petugas dan jika sudah selesai maka petugas akan memberi bukti refund kepada kita, seperti gambar dibawah ini. 

3. Ketentuan Pembatalan
Pembatalan tiket kereta api dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket. Selain itu, biaya pembatalan tiket baru bisa dilakukan pada hari ke-30 hingga hari ke-45. 

Gimana-gimana, mudah banget yekan? Ga ribetkan hehee... Segampang ini sih mending di refund yekan dari pada hangus kan zeyenkk kakah :D

Udah-udah ga perlu sedih tiket kereta hangus karena liburan ga jadi, kan masih bisa di refund, meskipun ga 100% uang balik, tapi ga rugi banget layah hahahaa :'D 










Komentar